Penerapan Bimbingan Konseling Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Tk An Nur Surabaya

  • Jazilatul Athiyyah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Penerapan, Karakter, Bimbingan Konseling

Abstract

Bimbingan konseling pada PAUD sangatlah penting dan dibutuhkan karena untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak didik baik dari segi kejiwaan, emosional, fisik dan pemikiran. PAUD adalah lembaga pendidikan sebelum jenjang sekolah dasar sebagai upaya pembinaan dan pengajaran bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun dengan cara tertentu, dengan tujuan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara jasmani ataupun ruhani agar memiliki kesiapan dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya pada jalur formal, non formal atau informal. Bimbingan konseling di lembaga PAUD ini harus diberikan kepada semua anak didik, tidak hanya kepada anak yang bermasalah saja. Karena anak yang tidak bermasalahpun perlu mendapatkan layanan bimbingan agar lebih mudah dalam mengembangkan bakat, minat dan potensinya. Dengan begitu bimbingan konseling bukan saja untuk mengatasi anak didik yang bermasalah, namun juga sebagai tindakan untuk terpenuhinya kebutuhan dalam perkembangan anak secara maksimal. Adapun Aplikasi belajar pada pendidikan anak usia dini bisa melalui media mainan. Media bimbingan dan konseling berbasis islami terhadap anak usia dini dalam pembentukan karakter kemandirian bisa dilakukan dengan media permainan.

References

Evitarini Anggia (2019) “PENGEMBANGAN KARAKTER CERDAS MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM SARANA BHAKTI”. JURNAL PSIKODIDAKTIKA, 4 (2), 1-9.
Prasetia Lina, Merita Kurnia Putri “Implementasi Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2654-8607.
Rohmah Umi. (2018) “Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD)”. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102.
Syahfitri1 Selly ‘dkk’ (2022) “Peran Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Anak”. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6), 12179-12183.
Hidaya Nurman, Yasipin” Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa” jurnal Hawa (2020).
Yani Linda (2017) “PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING”. PROSIDING SEMINAR NASIONAL 20 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 97-100.
Published
2023-12-21
Section
Article