METODE DEMONSTRASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KREATIVITAS MOZAIK SISWA

  • Nopian Gustari STIES Nahdlotul Ulama Bengkulu
  • Ahmad Suradi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Repika Yunitasaril
Keywords: Metode Demonstrasi, Kreativitas Mozaik

Abstract

Peneltian ini menggunakan metode eksprimen dengan One Group Pretest-Posttest Design yaitu terdapat satu kelompok diberi pretest sebelum diberi treatmen/perlakukan, posyyest, dan selanjutnya observasi. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kreativitas mozaik siswa MIN 01 Kota Bengkulu, subjek penelitian ini 36 siswa dan 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, obsetvasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi, data yang diperoleh melalui instrument lembar pedoman observasi dideskripsikan dan dianalisis menggunakan statistik non parametrik menggunakan uji Willcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan kreativitas siswa MIN 01 Kota Bengkulu diperoleh nilai terendah sebesar 110, nilai tertinggi sebesar 270 dan nilai rata-rata 197,5. Perkembangan kreatvitas siswa setelah melakukan kegiatan mozaik di MIN 01 Kota Bengkulu mengalami peningkatan dengan nilai terendah sebesar 265 , nilai tertinggi sebesar 350 dan nilai rata-rata 308,9 dan Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah melakukan kegiatan kolase mozaik maka terdapat pengaruh positif terhadap perkembangan kreativtas siswa MIN 01 Kota Bengkulu. Pengaruh ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan antara nilai pretest yaitu 197,5 dan nilai posttest sebesar 308,9 serta dengan melakukan uji signifikansi menggunakan rumus tes ranking-bertanda Willcoxon, diperoleh hasil uji hipotesis p (0,002) ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

References

Agapedia. (2021) Jurnal PAUD
Aulia Akmal. (2018) ‘Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menigkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Kelompok B3 Tk Islam Ylpi Marpoyan’, Generasi Emas.
Diana Vidya Fakhriyani. (2016) ‘Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini’, Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains.
DUNAMIS. (2017) (Jurnal Teknologi dan Pendidikan Kristen).
Dwi Anggraini. (2016) ‘Mozaiksebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupamenggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan’, Jurnal PGSD.
Esti Ismawati Dan Faras Umay. (2017) Belajar Bahasa Di Awal, Yogyakarta: Penerbit Ombak.\
Hasnawati Hasnawati and Dwi Anggraini. (2016) ‘Mozaiksebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupamenggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan’, Jurnal PGSD.
Jurnal Ilmiah Potensia. (2022) ‘Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur.
Khadijah, (2016) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.
Makmur, A. (2015) Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan, Jurnal EduTech.
Miftahul Huda. (2013) Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta Pustaka Belajar.
Nurharini, A., Yuyarti dan FL. Widihastrini, 2020 Pengembangan Karya Kolase, Montase dan Mozaik Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran SBDP bagi Guru SD, JURNAL PANJAR.
Qomariyah, Marlina, L. (2020) dan Oktamarina, L., Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik Pada Siswa Kelompok B, JECE (Journal of Early Childhood Education).
Rofian. (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar, Jurnal Mallih Peddas.
Sugiyono, Metode Penelitian.(2018) Alfabeta : Bandung.
Syamsidah, S. Pd ,Syam Edy Raharjo. (2017) 100 Metode Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish.
Vanni Miza Oktari, (2017) “Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Wahyu B.S, Nurhasanah. (2018) “penggunaan metode demonstrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran ips”, jurnal pendas Mahakam.
Wina Sanjaya. (2019) Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan, (jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Yulianti, I. (2019) Penggunaan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mozaik Dalam Tema Lingkungan Bersih, Sehat Dan Asri Pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Wahana Pendidikan Dasar.
Published
2023-06-30
Section
Articles